Malang, 10 Juni 2023 – Training program Digital Transformation and Strengthening Resilience of SMEs masih berlanjut. Sebanyak 70 pelaku UMKM Kota Malang dan Kabupaten Malang didorong meningkatkan jangkauan usahanya melalui platform digital. Tema Optimalisasi Penggunaan Marketplace Bagi UMKM menjadi tema training yang dilaksanakan selama dua hari ini.
Muafi, Fasilitator Komunitas Averroes menyebutkan, bahwa Training dibagi menjadi empat sesi, yakni Membangun Mindset dan Business Opportunity berbasis digital disampaikan oleh Much. Anam Rifai, Owner Kebaya ANN Baby. Sesi berikutnya, Mengenal Marketplace dalam Pasar Bisnis Digital, Strategi Optimalisasi Penjualan melalui Marketplace dipandu oleh Nurush Shohabah, Praktisi Shopee. Sesi terakhir, Mengenal dan Memanfaatan Marketplace Lokal Malang Beli Produk Lokal (Malpro) disampaikan oleh Pandu Zanuar Sulistyo dari Diskominfo dan Nanda dari Diskopindag Kota Malang.
“Dengan ilmu dan pengalaman yang dimiliki, narasumber yang kami hadirkan mengupas baik dari sisi teori maupun praktik,” ungkap Muafi.
Muafi menambahkan, materi disampaikan secara bertahap, mulai dari membangun mindset bisnis, pengenalan marketplace konvensional dan lokal, mendekorasi toko onlinenya, hingga bagaimana komunikasi antara pembeli dengan penjual.
“Sebab marketplace memiliki banyak fitur. Perlu waktu dan kebiasaan agar peserta dapat mengerti sepenuhnya. Untuk itu nantinya ada pertemuan RTL paska training ini,” tambah Muafi.
Muafi berharap agar peserta mampu mengaplikasikan materi dalam aktivitas usaha.
“Sehingga, pada akhirnya, dapat meningkatkan jumlah penjualan,” pungkas Muafi.